Head
Up Display (HUD) adalah setiap tampilan transparan yang menyajikan data tanpa
mengharuskan pengguna untuk melihat dari sudut pandang yang biasa. Asal usul
nama berasal dari pilot yang dapat melihat informasi dengan kepala menghadap ke
atas, HUD ibaratnya hampir sama dengan simulasi militer yang pertama kali
digunakan pada pesawat terbang
Meskipun
mereka pada awalnya dikembangkan untuk penerbangan militer, HUD sekarang
digunakan dalam pesawat komersial, mobil, dan beberapa simulasi untuk
kendaraaan termasuk HUD yang digunakan untuk pesawat luar angkasa
Sehingga
dapat disimpulkan bahwa HUD sendiri digunakan sebagai simulator dalam
mengontrol / mengaplikasikan suatu mesin agar tidak terjadi kesalahan yang
fatal dalam penggunaan mesin yang nyata / sebenarnya.
Sejarah
Head Up Display System
HUDs
pertama berasal dari pandangan teknologi senjata statis untuk pesawat tempur
militer.HUDs memproyeksikan "pipper" untuk membantu meposisikan
sasaran pada senjata pesawat. Seiring berkembang nya jaman HUDs yang sekrang
lebih maju, dan lebih kompleks,dan lebih banyak informasi yang telah ditambahkan.
HUD dapat menampilakan perhitungan jarak tembak meriam, dan dengan menambahkan
informasi pada pesawat seperti menghitung kecepatan udara dan sudut serangan,
sehingga sangat meningkatkan akurasi pilot di udara untuk pertempuran udara.
Sebuah contoh awal dari apa yang disebut sebagai head up display adalah Sistem
Proyektor dari AI udara Inggris Mrk radar VIII intersepsi dipasang ke beberapa
The Haviland Mosquitoo the Fighter, di mana layar radar diproyeksikan ke kaca
depan pesawat bersama dengan tampilan buatan cakrawala, memungkinkan pilot
untuk melakukan interceptions tanpa menenggokan mata mereka dari kaca depan.
HUD teknologi yang berikutnya maju dalam Buccaneer, prototipe yang pertama terbang pada tanggal 30 April 1958. Desain pesawat yang di gunakan untuk melihat serangan dan akan menyediakan navigasi serta informasi senjata rilis untuk modus serangan tingkat rendah. Sementara ada persaingan sengit antara pendukung desain HUD baru dan pendukung The Old Elecktro Mechanical Gunsight, HUD digambarkan sebagai pilihan yang radikal. The Air Arm cabang dari Departemen mensponsori pengembangan Sight Strike. The Royal Aircraft Establishment (RAE) merancang peralatan nya, lalu dibangun oleh Cintel, dan sistem terintegrasi pertama kali pada tahun 1958. Bisnis pada perusahaan The Cintel HUD diambil alih oleh Elliott Flight Automation dan HUD Buccaneer diproduksi dan dikembangkan lebih lanjut terus sampai ke versi Mark III dengan total 375 sistem yang dibuat.
HUD teknologi yang berikutnya maju dalam Buccaneer, prototipe yang pertama terbang pada tanggal 30 April 1958. Desain pesawat yang di gunakan untuk melihat serangan dan akan menyediakan navigasi serta informasi senjata rilis untuk modus serangan tingkat rendah. Sementara ada persaingan sengit antara pendukung desain HUD baru dan pendukung The Old Elecktro Mechanical Gunsight, HUD digambarkan sebagai pilihan yang radikal. The Air Arm cabang dari Departemen mensponsori pengembangan Sight Strike. The Royal Aircraft Establishment (RAE) merancang peralatan nya, lalu dibangun oleh Cintel, dan sistem terintegrasi pertama kali pada tahun 1958. Bisnis pada perusahaan The Cintel HUD diambil alih oleh Elliott Flight Automation dan HUD Buccaneer diproduksi dan dikembangkan lebih lanjut terus sampai ke versi Mark III dengan total 375 sistem yang dibuat.
Penggunaan HUDs kemudian berkembang di luar pesawat militer. Pada 1970-an, HUD diperkenalkan untuk penerbangan komersial, dan pada tahun 1988, Oldsmobile Cutlass Supreme menjadi mobil produksi pertama dengan head up display.
Type-type
HUD
Helmet
mounted displays (HMD) secara teknis memiliki bentuk HUD, perbedaan nya adalah
mereka menampilkan elemen tampilan yang bergerak sesuai dengan orientasi dari
si pengguna helmet tersebut.
Banyak pesawat tempur modern (seperti F/A-18, F-22, Eurofighter) penggunaan baik HUD dan HMD secara bersamaan. F-35 Lightning II dirancang tanpa HUD, mengandalkan hanya pada HMD, sehingga pejuang militer pertama modern tidak memiliki HUD tetap.
Banyak pesawat tempur modern (seperti F/A-18, F-22, Eurofighter) penggunaan baik HUD dan HMD secara bersamaan. F-35 Lightning II dirancang tanpa HUD, mengandalkan hanya pada HMD, sehingga pejuang militer pertama modern tidak memiliki HUD tetap.
Generasi-Generasi
HUD
HUDs
dibagi menjadi empat generasi mencerminkan teknologi yang digunakan untuk
menghasilkan gambar.
* Generasi Pertama-Menggunakan CRT untuk menghasilkan sebuah gambar pada layar fosfor, memiliki kelemahan dari lapisan fosfor layar merendahkan dari waktu ke waktu.
* Generasi Pertama-Menggunakan CRT untuk menghasilkan sebuah gambar pada layar fosfor, memiliki kelemahan dari lapisan fosfor layar merendahkan dari waktu ke waktu.
* Generasi Kedua-Menggunakan LED, yang dimodulasi oleh layar LCD untuk menampilkan gambar. Sistem ini tidak memudar atau memerlukan tegangan tinggi.
* Generasi Ketiga-Menggunakan panduan gelombang optik untuk menghasilkan gambar secara langsung pada Combiner daripada menggunakan sistem proyeksi.
* Generasi Keempat-Menggunakan laser scanning untuk menampilkan gambar dan bahkan gambar video pada media transparan yang jelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar