Sabtu, 11 Desember 2010

Rangkuman bab 1 dan bab 2


Bab 1 ( Arti pentingnya organisasi dan metode )

Organisasi dan metode adalah rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Dengan itu untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan eratnya hubungan timbal balik antara, manajemen, organisasi, dan tata kerja.
Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antara manusia
Organisasi  : alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan
                     Kerjasama
Tata kerja   : pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut dilaksanakan        
                     sehingga tujuan tercapai secara efisien


 
 Bab 2 ( Ruang lingkup organisasi metode )

Ruang lingkup organisasi metode mencakup sifat organisasi dan metode itu sendiri. Ruang lingkup organisasi juga menyangkut masalah efisiensi prosedur tata kerja yang dipakai dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen oleh manajer (pimpinan). Dimana organisasi dan tata kerja merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, artinya kalau tata kerjanya sudah efisien berarti diharapkan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dalam organisasi bisa berjalan lancar.
Jadi sifat dan maksud organisasi metode adalah pelayanan terhadap manajer dan administrasi yang berusaha memajukan pekerjaan mereka atau tata kerja yang dipergunakan dalam rangka pencapaian efisiensi yang maksimal dalam organisasi. Efisiensi itu sendiri memiliki arti yaitu perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh atau output dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber dan waktu yang digunakan.
Jadi dengan system, prosedur dan tata kerja yang tepat akan memungkinkan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan top manajer juga tepat dan efisien dalam pemakaian sumber daya alam, sumber daya manusia maupun pengguna waktu yang tersedia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar